Selasa, 01 April 2008

Gunung Sinabung Dari Bukit Gundaling


Gunung Sinabung adalah nama sebuah gunung di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah 2 gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Dengan ketinggian 2.460 meter, gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara.

Koordinat puncak gunung Sinabung adalah 3 derajat 10 menit LU, 98 derajat 23 menit BT.


Pernah sih saya mendaki gunung yang sangat mempesona itu, Walaupun hanya 3 kali namun memberikan kesan tersendiri buat aku.
Karena jarang-jarang lho bisa sampai kepuncaknya.
Karena sangat banyak faktor penghalang untuk menuju sampai ke puncaknya, selain kondisi tubuh yang fit dan bekal yang cukup mungkin kita juga harus memperhatikan faktor "alam" dan "mbah dukun".

jadi pengen lagi naek seh tapi gimana lagi dah tugas dari kampus menumpuk, kerjaan juga dah berserakan, mungkin nanti pas libur semester ini jadi naek gunung Sinabung atawa Sibayak lah!.

Panorama di puncak gunung sinabung tidak kalah indahnya, puncak kedua tertinggi di Sumatera utara (Sumut) itu mempunyai ketinggian 2.451 m.dpl. Satu-satunya gunung di Sumut yang berkakikan Danau hanya ditemukan di Sinabung. Danau lau Kawar memiliki pesona alam yang begitu memukau apalagi danau itu bagai dijaga puncak Lancuk. Lancuk adalah salah satu puncak tinggi karo yang bertetangga dengan gunung Sinabung. Sinabung merupakan gunung api dengan tipe Strato atau berlapis.
http://www.tanahkaro.com/simalem/images/stories/foto_berita/kawahsibayak.jpg
Mendaki Sinabung merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan kejenuhan. Sepanjang pendakian menuju puncak masih ditemukan hutan tropis yang indah alami.Hamparan ladang penduduk yang ditumbuhi sayur,buah dan bunga-bungaan yang berwarna-warni. Dalam perjalanan di hutan, kita juga akan merasakan bau khas daun-daun dan pepohonan yang akan ditemui didalam hutan tropis. Selain itu, kita akan mendengar kicauan burung-burung yang begitu mengoda kita untuk mengamatinya lebih dekat dengan mengunakan teropong (binocular). Hampir mencapai puncak akan melalui tantangan berat jalan setapak bebatuan yang kiri-kanan jurangnya cukup curam.
Selengkapnya...

Tidak ada komentar: